TEROPONGKOTA.com – Aparat Polda Metro Jaya menetapkan tersangka dan menahan artis Augie Fantinus. Augie diproses hukum atas dugaan pencemaran nama baik lewat media sosial.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan Augie akan ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya sampai 20 hari ke depan.

“Kejadian yang di venue basket, setelah kita klarifikasi, identifikasi tidak ada kegiatan pencaloan. Mulai malam ini kita lakukan penahanan,” ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Argo menjelaskan alasan Augie ditahan adalah subjektivitas penyidik.

Belum lagi ancaman hukuman Augie diatas enam tahun sehingga ia mengharuskan ditahan.

Atas perbuatannya, Augie dikenakan Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 27 Ayat 3 UU ITE dan Pasal 310 Ayat (1) jo Pasal 311 KUHP. Dia diancam hukuman enam tahun penjara.

Sebelumnya, muncul video di platform media sosial Instagram seorang presenter basket Indonesia, Augie Fantinus Wiyana berjudul ‘Polisi Jadi Calo!!!’.

Dalam video tersebut, terlihat dua petugas kepolisian dari Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) yang diduga menjadi calo tiket dalam pertandingan bola basket Asian Para Games Gelora di Hall A Basket, Senayan, Jakarta.

“Iya bapak enggak boleh pak, bapak polisi jangan jualan tiket, malah tadi nanyai nawari ke saya,” kata Augie dalam video tersebut.

Sementara itu, kamera ponsel Augie menyoroti wajah kedua polisi tersebut, di mana satu polisi berkumis memberikan sesuatu kepada polisi di belakangnya, dan kemudian polisi tersebut berlari menjauh sambil membawa kertas di tangannya.

Sekilas terlihat identitas petugas polisi Propam berkumis tersebut bernama Wahyu.

Kamera Augie juga menyorot satu orang yang diduga sebagai panitia Asian Para Games, di mana panitia tersebut tengah memegang HT-nya.

“Enggak boleh pak kayak begitu, bapak panitia tahu ya,” kata Augie kemudian.

Video yang disebarkan Augie itu juga ditembuskan ke akun Instagram Jokowi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Menpora Imam Nahrawi, dan INAPGOC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here