TEROPONGKOTA.com – Pemenang “Sayembara Sepatu Bang Sandi” akhirnya diumumkan oleh Panitia Sayembara Sepatu Bang Sandi.

Tim panitia sayembara yang terdiri dari Laja Lapian sebagai ketua panitia dan Harun Nur Rasyid serta Aria Purnomosidhi sebagai wakil ketua panitia telah melakukan finalisasi pemilihan pemenang sayembara.

Seleksi dilakukan atas 100 lebih design yang masuk, dibantu pula oleh pemilik brand BRODO Shoes, yang bertindak sebagai Official Partner sayembara, Yukka Harlanda.

Akhirnya terpilih design dari brand sepatu lokal Havehad, hasil karya Marvin Giovanni.

Yukka mengatakan ada tiga kriteria utama menjadi dasar tim penilai memilih Havehad sebagai pemenang Sayembara Sepatu Bang Sandi, yang memastikan Havehad menjadi yang paling unggul diantara seluruh peserta lainnya.

“Pertama, yaitu estetika dan bahasa design. Havehad sangat unggul di sini, dengan estetika design yang clean dan simple, dan paling penting, original, Havehad berhasil mengkomunikasikan visi mereka sebagai brand lokal berkualitas tinggi,” jelas Yukka, Sabtu (6/10/2018).

Kedua, kesiapan industri. Menurut dia, Havehad sudah berhasil membangun network produksi lokal dengan kualitas tinggi, melihat pengalaman Havehad dan track record kebelakang, Havehad sangat kapabel untuk menempatkan bisnisnya di skala lebih besar dan memiliki potensi kenerhasilan di industri sepatu global.

Ketiga, kemampuan mengikuti trend. Pada akhirnya, bisnis harus bisa beradaptasi mengikuti arus perubahan. Havehad memiliki basis digital operation yang sudah sangat baik serta posisi pasar yang memiliki pertumbuhan paling tinggi di kategori sepatu casual sneakers, yang mana dalam segmennya telah tumbuh 46%.

“Kombinasi antara digital, casual sneakers, kesiapan bisnis, potensi berkembang dan estetika design di atas peserta lainnya, membuat kami, tim penilaian, merasa Havehad sangat layak memenangkan sayembara ini,” ujarnya.

Sementara itu, sang pemenang, Marvin Giovanni mengungkapkan setelah melewati 2 kali tahapan wawancara dan diskusi soal design dan brand, Havehad yang 100% milik anak muda Indonesia, akhirnya membuat sangat senang dan bangga Havehad sebagai lokal brand yang akhirnya dipilih sebagai pemenang sayembara.

Havehad Sebagai 100% Lokal Brand

Marvin menceritakan awal mula Havehad dari ide bisnis sejak masih di bangku kuliah bersama 4 founder lainnya (Andy, Ical, Naldi, Ikhsan). Bisa dibilang berangkat dari kesamaan hobi mengkoleksi sneakers, sampailah mereka bermimpi untuk menproduksi Indonesian sneakers yang bisa mendunia.

Marvin mangatakan, ide konsep Havehad sendiri muncul dari keinginan kita untuk bisa pakai sneakers di acara apapun, tidak cuma untuk sehari-hari, tapi juga bisa buat ke pesta ataupun keperluan semi formal seperti saat presentasi di kampus.

Pria berusia 29 tahun ini melanjutkan, maka dari itu pihaknya membuat konsep casual yet classy sneakers. Design minimalis mengikuti trend fashion dan fleksibel untuk digunakan di berbagai occasion.

Saat ditanya tujuan ikut sayembara ini, Marvin yang kuliah di S1 Bisnis Prasetya Mulya, jurusan marketing ini, mengakui Havehad memang terus mengembangkan kreatifitas produk mereka dan ingin berkolaborasi dengan tokoh muda inspiratif, seperti Bang Sandi Uno.

“Yang lebih pentingnya lagi, kami di Havehad berharap dengan bentuk perhatiannya bang Sandi ini, kita bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk buatan Indonesia”, tegas Marvin sambil menunjukkan ibu jari pada foto mantan Wakil Gubernur DKI tersebut.

Marvin melanjutkan Havehad utamanya dijual secara online melalui website resmi www.havehad.co, selain itu sudah pula didistribusikan melalui toko-toko yang tersebar di 6 kota besar (Jakarta, Surabaya, Jogja, Medan, Lampung dan Makassar) hingga diekspor ke Singapura, Jepang dan Hongkong.

Di sisi lain, Havehad juga aktif berkolaborasi dengan sosok muda kreatif seperti fotografer kondang Anton Ismael, Ernanda Putra, Keenan Pearce, dan brand brand lokal lainnya.

Sepatunya pun kerap dipakai beberapa artis nasional seperti Ario Bayu, Titi Rajo Bintang, Wulan Guritno, Soulvibe, Hivi, Ricky Harun, hingga grup band asing, Tahiti 80.

Laja menambahkan, desain yang terpilih ini cukup unik karena mengkombinasikan karet, kulit dan bahan untuk baju selam. Brand ini milik anak-anak muda millenials yang kreatif sekali dan bisa dilihat desain-desain bergaya muda tersebut di akun instagram mereka @havehad

Selain hadiah ke Italia untuk pemenang, sebenarnya tujuan utama sayembara ini adalah mendorong brand-brand lokal untuk tampil ke depan dan lebih dikenal oleh pasar di Indonesia sehingga Havehad mampu bersaing dengan brand internasional.

Desain terpilih ini kemudian akan di produksi oleh Havehad di bawah supervisi dari Brodo Shoes, agar bisa diproduksi dan di gunakan oleh Bang Sandi dalam aktivitasnya. Menurut tim Havehad diperlukan 1,5 sampai 2 bulan untuk memproduksi design tersebut.

“Nantinya Bang Sandi sendiri yang akan bertemu langsung dengan pemenang dan menyerahkan hadiahnya. Juga perlu dicatat bahwa sejak awal sayembara ini sudah di tegaskan bahwa hadiah sayembara berasal dari dana pribadi Bang Sandi” tambah Laja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here