TEROPONGKOTA.com – Aktor komedian Volodymyr Zelensky secara resmi telah menjabat sebagai Presiden Ukraina setelah dilantik pada 20 Mei 2019 pekan lalu.

Dalam pidato pelantikannya, Zelensky mengatakan tidak mau fotonya dipajang di tembok-tembok kantor. Ia beralasan seorang presiden bukanlah ikon maupun idola. Dia justru menganjurkan agar dipasang foto kelurga saja.

“Saya benar-benar tidak ingin foto saya berada di kantor Anda, karena presiden bukanlah ikon maupun idola atau sebuah potret,” kata Zelensky.

“Pajanglah foto anak-anak Anda dan lihatlah mereka setiap kali Anda membuat keputusan,” imbuhnya.

Zelensky juga mengungkapkan impiannya terhadap pemerintahan yang dijalankan oleh para pemimpin yang tidak saja memerintah, melainkan juga melayani rakyat.

“Kami akan membangun negeri peluang, di mana semua orang sama di hadapan hukum dan di mana semua aturan jujur dan transparan, sama untuk semua orang.”

“Untuk itu kami membutuhkan orang-orang berkuasa yang akan melayani demi rakyat,” kata Zelensky, dikutip India Today.

Zelensky merupakan seorang pemula di dunia politik, bahkan tidak memiliki pengalaman berpolitik sebelumnya. Dia lebih dikenal sebagai seorang aktor komedi dan perannya sebagai pemimpin negara dalam serial berjudul “Servant of the People”.

Banyak pihak yang awalnya meragukan dan menganggap pencalonannya dalam pemilihan presiden Ukraina sebagai lelucon dan hal yang tidak mungkin.

Namun fakta berkata lain, dengan unggul di peringkat pertama dalam pemungutan suara putaran pertama, hingga meraih 73 persen suara dalam putaran kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here