TEROPONGKOTA.com – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menutup pelaksanaan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu, (13/10/2018).

Dalam sambutannya Wapres mengatakan bahwa Minggu ini adalah minggu yang bergelora bagi Indonesia dan Asia, Minggu bersejarah yang akan selalu dikenang dalam hati seluruh rakyat Indonesia.

“Selama seminggu penuh kita telah diberikan inspirasi dari semangat para atlet serta upaya hebat mereka untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang,” ujar Wapres.

Bagi Indonesia, kata Wapres, Asian Para Games 2018 bukan hanya ajang olahraga dari sekedar kompetisi untuk mengais medali untuk negara, tetapi lebih dari itu, untuk memenangkan semangat kesetaraan dalam kemanusiaan dengan merangkul keberagaman, menghancurkan stigma dan prasangka.

“Inilah momen penting dalam sejarah bangsa-bangsa Asia,” tegasnya.

Di kesempatan itu, Wapres juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada penyelenggara khususnya kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, yang secara langsung ikut mempersiapkan dan mengawal pelaksanaan Asian Para Games 2018 ini.

“Atas nama Pemerintah saya juga menyampaikan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC) yang dipimpin oleh Saudara Raja Sapta Oktohari, yang sudah bekerja keras dengan penuh dedikasi dan ketulusan untuk mempersiapkan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 ini,” ujarnya.

Soal target, Wapres menyatakan permohonan maaf kepada Presiden, lantaran target yang Presiden berikan kepada kontingen Indonesia yaitu 16 Emas, ternyata meleset. Tetapi meleset ke atas, jauh melampaui.

“Atlet-atlet Indonesia berhasil mendapatkan total perolehan medali, 135 medali dengan rincian 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 medali perunggu, dan menempatkan Indonesia pada peringkat ke-5, melebihi prestasi yang diperoleh pada dua Asian Para Games sebelumnya,” tuturnya.

Dalam pidatonya, Wapres juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh sponsor dan relawan, yang bekerja dengan segenap hati, para Jurnalis yang berasal dari lebih dari 800 media dari seluruh dunia, yang telah mengabarkan seluruh rangkaian Asian Para Games 2018 ini, sehingga seluruh warga Asia dapat menikmati semangat Asian Para Games 2018, dan kepada para tamu, penonton, serta fans yang memberikan dukungan kepada seluruh atlet yang berkompetisi.

Selain itu, Wapres mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang berpartisipasi.

“Sepanjang minggu ini anda semua telah menunjukkan bahwa anda jauh lebih kuat, lebih baik, dan lebih mampu daripada yang dipikirkan dunia,” ucapnya.

“Kerja keras serta pencapaian luar biasa ini meruntuhkan halangan dan mengubah persepsi terhadap penyandang disabilitas,” imbuhnya.

Wapres pun tak lupa mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Kesukesan ajang ini, menurut Wapres, berkat dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang menghargai kesetaraan.

“Kita adalah satu dan kita bersatu untuk mencapai kebaikan bersama,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here