Laksamana Muhammad Ali bersama Laksamana Yudo Margono

TEROPONGKOTA.COM – Jakarta, 28/12/2022 – Teka teki pengganti KASAL Laksmana Yudo Margono sudah terjawab, Istana mengumumkan pengganti Laksamana Yudo Margono bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

Perwira tinggi yang bakal dilantik menjadi KSAL yaitu Pangkogabwilhan I Laksamana Madya (Laksdya) Muhammad Ali. Pelantikan rencananya bakal digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/12/2022).

Jokowi sebelumnya juga sudah mengonfirmasi soal pelantikan KSAL baru ini. Jokowi menyampaikan pelantikan KSAL digelar hari ini.

Menurut pengamat militer dan Pertahanan Wibisono sudah memprediksi Pak Laksma TNI Muhammad Ali yang menjadi KASAL berikutnya.

“Selamat pak Ali, Sesuai dengan kapasitas dan kepangkatan pak Ali sangat pas untuk menggantikan posisi Yudo Margono, perwira tinggi yang murah senyum ini adalah angkatan ’89, secara kedinasan sangat komplit pengalamannya,” ujar Wibisono menyatakan keawak awak media di Jakarta Rabo (28/12/2022).

Lanjutnya,Dalam jenjang tingkatan di Angkatan Laut sangat dinamis, rotasinya bertahan sesuai dengan jenjang angkatannya, sehingga tidak terjadi penumpukan dan urut kacang.

Muhammad Ali merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Laut bintang 3. Sebelum dilantik menjadi KSAL, pria kelahiran 9 April 1967 ini menduduki jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Laksdya Muhammad Ali diketahui merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-35 tahun 1989. Tercatat, sejumlah pendidikan militer lain juga pernah diikutinya.

Pada riwayat kariernya, Muhammad Ali pernah menempati berbagai posisi penting. Di antaranya adalah Waasrena KSAL (2017-2018), Gubernur AAL (2018-2019), Koorsahli KSAL (2019), Pangkoarmada I (2019-2020), Asrena KSAL (2020-2021), serta Pangkogabwilhan I yang kini dijabatnya.

Jabatan Pangkogabwilhan I ini disematnya berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

“Selamat bertugas Laksamana Muhammad Ali, Jalesveva Jayamahe,” pungkas Wibisono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini