Wibisono mendapatkan gelar marga kehormatan di Beijing China

Oleh: wibisono

TEROPONGKOTA.COM- JAKARTA, Imlek setiap tahun dirayakan oleh kaum China dalam menyambut tahun baru, Secara keseluruhan tradisi imlek ini mempunyai fungsi sosial memperat tali silaturahmi dimana pada moment ini masyarakat Tionghoa menggunakannya sebagai wadah berkumpul seluruh anggota keluarga dan kerabat di seluruh dunia.

Makna perayaan Imlek adalah menyambut datangnya tahun yang baru, pengucapan rasa syukur agar dapat rezeki dan keberuntungan lebih baik di tahun tersebut, dan adanya kecenderungan bergesernya nilai-nilai makna pada generasi muda saat ini serta pengetahuan kaum muda Tionghoa pada tradisi-tradisi imlek sangat kurang.

Mereka sudah tidak lagi menaruh perhatian secara khusus terhadap makan tradisi imlek. Tradisi-tradisi imlek yang mereka lakukan tanpa mengetahui dan memahami maknanya secara mendalam.

Imlek 2022 tahun ini adalah shio untuk macan air. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, shio pasti memiliki arti dan peruntungannya sendiri-sendiri. Lalu macan air artinya apa untuk Imlek 2022 ini?

The Year of the Water Tiger dimulai pada tanggal 1 Februari 2022. Seperti, halnya semua tahun macan, tahun tersebut akan memiliki banyak kualitas yang dimiliki macan air artinya dinamis, menarik, dan tak terduga.

Macan air dikenal karena keberanian dan sifat spontan mereka. Sehingga kita akan berada dalam situasi menantang yang membutuhkan saraf baja dan keberanian untuk menghadapinya.

Penulis mempunyai pengalaman yang tak terlupakan saat ikut merayakan Imlek di Beijing China, pada tahun 2015 yang lalu ia mendapatkan gelar kehormatan Marga Xu di Beijing China, suatu kehormatan yang jarang diperoleh oleh kaum pribumi Indonesia.

Saat itu saya merasa terhormat mendapatkan gelar marga kehormatan, karena saya sering promosi terkait usaha yang saya geluti di tanah air, mereka mengapreasiasi usaha saya yang saya rintis dari bawah.

Budaya China sangat tinggi filosofi nya, kita wajib belajar filosofi orang China yang dikenal sebagai pekerja keras,ulet dan tanpa mudah menyerah.

Saya sebagai muslimpun mereka hormati saat perjamuan makan, mereka sisihkan makanan halal buat kami. Minuman arakpun di ganti dengan minuman teh China yang bermacam macam ragamnya.

Tradisi China sangat menghormati nenek moyang dan leluhurnya, mereka mempunyai filosofi bahwa berkat leluhur nya mereka dapat hidup nyaman dan makmur.

Hari Imlek juga dikenal dengan sebutan Festival Musim Semi. Imlek pada umumnya dirayakan selama 15 hari di China. Tujuan hari Imlek ini sebagai sarat makna bagi keluarga keturunan Tionghoa yang dilatarbelakangi oleh warisan mitos serta tradisi kunonya yang masih dijaga hingga saat ini.

Selamat tahun baru China 2022….(2573)…..

Xin Nian Kuai Le ….
Gong xi fa Cai….

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini