Jakarta – Tri Rismaharini dilantik Presdien Joko Widodo menjadi Menteri Sosial RI pada Rabu, 23 Desember 2020. Mantan Wali Kota Surabaya itu datang ke Istana Merdeka, Jakarta, dengan gaya anggun mengenakan pakaian serba merah. 

Dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Risma mengenakan kebaya brokat merah dengan bukaan depan, dipadukan dengan batik merah bermotif biru serta jilbab merah dengan hiasan payet di bagian depan. Pilihan warna merah serasi dengan dasi yang dikenakan Presiden dan lima menteri yang lain yang juga dilantik.  

Risma mengenakan pantofel hitam dengan ujung agak runcing. Mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19, dia juga mengenakan masker kain berwarna hitam beserta face shield.

Sebagai Menteri Sosial, beberapa tugas sudah menanti Risma, termasuk penyaluran bantuan sosial pandemi COVID-19 triwulan empat 2020 dan awal tahun 2021. Dia juga diminta menjaga agar bantuan ini memiliki dampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.

“Kami harus kerja keras sehingga minggu pertama Januari yang untuk 2021 bisa segera tersampaikan kepada penerima bantuan,” ujar Risma dalam keterangan persnya usai pelantikan.

Sebelum jadi Menteri Sosial, lulusan program sarjana Arsitektur dan pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota Institut Sepuluh November Surabaya itu menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dua periode. 

Ibu dua anak ini pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) hingga 2010.

Perempuan kelahiran Kediri, 20 November 1961 itu dilantik bersamaan dengan enam menteri lainnya, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here