TEROPONGKOTA.com, MAGELANG – Hingga saat ini, Pandemi yang berlangsung sepanjang tahun 2020 belum juga usai. Hal ini tentu saja tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan tetapi juga sektor ekonomi yang semakin parah bahkan mengalami kelumpuhan sepanjang tahun 2020.

Untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama, Satuan 81 Kopassus mengadakan kegiatan Karya Bhakti Satnonkowil TNI Satuan 81 Kopassus TA 2021 dengan tema “Optimalisasi Karya Bhakti TNI dengan Elemen Masyarakat untuk Mewujudkan Pertahanan Darat yang Tangguh”. Adanya kegiatan ini juga sebagai jembatan dalam rangka menjalin silaturahmi.

Kegiatan Karya Bhakti Satnonkowil TNI Satuan 81 Kopassus TA 2021 diadakan di dua lokasi yang berbeda, yaitu di Kecamatan Bandongan dan Kecamatan Salaman, Magelang. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan lima unsur Pentahelix, yaitu Koramil, Polsek, Pemerintah Daerah, Korporasi setempat dan Komunitas Lembaga Persatuan Relawan Borobudur (LPRB) yang dilaksanakan di sekitaran lokasi tempat latihan Satuan 81 Kopassus, yaitu di Magelang.

Dengan dimotori oleh tim dari Ster Satuan 81 Kopassus, kegiatan aksi sosial yang dilakukan adalah gotong-royong kerja bakti di Mushola Al-Amin, Dusun Krajan II, Desa Gandum Sari, Kecamatan Bandongan. Kegiatan bakti sosial lainnya juga berupa pembagian 100 paket sembako di Dusun Kupatan, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Salaman.

Adanya kegiatan sosial ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kolektif bagi masyarakat di Dusun Tawang Sari, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Salaman yang sedang menjalankan isolasi mandiri agar tetap produktif.

Untuk pembagian paket sembako diserahkan langsung oleh Dandenban Satuan 81 Kopassus Mayor Inf Heribertus Purwanto. Pada kesempatan kali ini, beliau juga bertindak sebagai Komandan Latihan kepada warga Dusun Kupatan dan didampingi oleh Babinsa Koramil Borobudur, Babinkamtibmas Polsek Borobudur serta Pemda Setempat.

Warga masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan Karya Bhakti yang diadakan selama dua hari yaitu mulai dari hari Selasa 4 Mei hingga Rabu 5 Mei 2021. Masyarakat juga sangat terbantu dengan adanya kegiatan latihan TNI yang selalu diikuti dengan pembinaan teritorial seperti kegiatan Karya Bhakti ini. Mereka menjadi lebih dekat karena TNI dapat mencapai daerah pelosok-pelosok yang jarang berinteraksi.

Pandemi ini memang tidak diketahui sampai kapan. Yang terpenting adalah dibutuhkan kerjasama dari semua pihak. Dalam hal ini, TNI-Polri, Pemerintah daerah , Wiraswasta, Lembaga masyarakat , Media dan semua komponen masyarakat harus bersama-sama mendukung Pemerintah dalam pencegahan covid-19 agar dapat dikendalikan. Dengan begitu ekonomi masyarakat juga dapat berjalan dengan semestinya.

Adanya Karya Bhakti ini juga diharapkan mampu menjadi sedikit obat bagi kesulitan yang sedang dialami rakyat di masa pandemi untuk tetap menjaga kesehatan serta wujud prihatin untuk saling membantu sesama warga negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here