Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemsos RI) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial yaitu Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) “Gau Mabaji” mempersiapkan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) di Gowa, Makassar. Sulawesi Selatan.

Sebagai upaya mensukseskan program ATENSI, Balai Lansia “Gau Mabaji” meningkatkan peran keluarga melalui kegiatan Penguatan Keluarga.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada keluarga dalam memberikan pelayanan dan perawatan bagi lanjut usia,” kata Kepala Badan Rehabiltasi Lanjut Usia (BRSLU) Gau Mabaji, Syam Wuryani. Gowa, Makassar. Jumat (23/10/2020) lalu.

Dikatakannya, BRSLU Gowa menerjunkan dua tim sekaligus untuk melaksanakan kegiatan penguatan keluarga di dua Kabupaten yaitu di Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang.

Salah satu lansia yang dikunjungi oleh tim di Kabupaten Enrekang, Kakek TB (83th) yang sebelumnya pernah mendapatkan pelayanan rehabilitasi sosial dalam Balai kini tinggal bersama keluarga pengganti (foster care).

Lansia yang kemampuan penglihatannya kurang baik akibat katarak ini mempunyai seorang anak yang tinggal di Malaysia.

“Karena lokasi yang jauh dan minimnya dana, lansia tidak bisa tinggal bersama anaknya, karena kakek TV kini tinggal bersama keluarga pengganti di Kabupaten Enrekang,” jelas Syam Wuryani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here