Jakarta – Adanya pandemi COVID-19 telah mengubah cara berpikir masyarakat mengenai kualitas udara yang dihirup sehari-hari. Hal inilah yang mendorong lahirnya teknologi Radikal Hidroksil (OH) untuk melawan Coronavirus jenis baru (SARS-CoV-2).

Radikal Hidroksil (OH) sendiri merupakan ion partikulat yang terdapat di dalam air yang dihasilkan dengan cara memberikan tegangan tinggi pada kelembapan udara. Radikal Hidroksil (OH) dicirikan sebagai oksidatif kuat dan sangat reaktif.

Panasonic Corporation melalui kolaborasinya dengan Universitas Prefektur Osaka telah mengonfirmasi Radikal Hidroksil (OH) yang terkandung dalam air memang memiliki efek penghambatan pada virus Corona baru (SARS-CoV-2).

Pengujian ini dilakukan dalam laboratorium tertutup dan dirancang dengan kondisi tertentu, dan hasil pengujian ini telah diverifikasi 99% virus berhasil dihambat dalam waktu 3 jam.

Panasonic sebenarnya telah melakukan penelitian tentang Radikal Hidroksil (OH) sejak tahun 1997 dan telah mendapatkan banyak verifikasi mengenai keaktifannya untuk menghambat berbagai jenis mikroorganisme patogen, antara lain bakteri, jamur, elergen, dan berbagai macam virus Corona. Radikal Hidroksil (OH) juga mampu memecah komponen PM2.5 (partikel udara yang berbahaya bagi manusia) dan efek penghilang bau.

Untuk menghasilkan Radikal Hidroksil (OH) di dalam ruangan, Panasonic pun meluncurkan produk AC terbarunya yang meliputi room air condition (RAC) dan commercial air condition (CAC) dengan mengintegrasikan nanoeTM X dan nanoe G. Kedua produk terbaru ini merupakan pengembangan dari AC sebelumnya yang di-launching pada 2018 lalu dan hanya memiliki nanoeTM saja.

Adapun produk-produk terbaru room air condition yang telah disematkan nanoeTM X dan nanoe G di dalamnya, antara lain Panasonic Premium Inverter, Panasonic Deluxe Low Watt, dan Panasonic Deluxe Non Inverter.

nanoeTM X merupakan mesin ionisasi asli untuk menghasilkan partikel air berukuran nano. Ini merupakan teknologi atomisasi elektrostatis yang mengumpulkan kelembapan tak terlihat di udara dan menerapkan tegangan tinggi ke elektroda untuk menghasilkan Radikal Hidroksil (OH) yang terkandung dalam air.

AC Panasonic terbaru dilengkapi dengan nanoeTM X dan nanoe G mengandung 10 kali (sekitar 4,8 triliun per detik) Radikal Hidroksil (OH) nanoeTM. Jumlah sebesar ini dapat menghambat polutan tingkat permukaan dengan menembus jauh ke dalam bahan kain dan menetralkan mikroorganisme patogen, seperti bakteri dan virus, jamur, alergen, dan serbuk sari.

Teknologi terbaru ini juga memungkinkan Panasonic menghilangkan hingga 99% partikel PM2.5 berbahaya seperti Parafin hexadecane yang telah ditemukan dalam abu vulkanik, menghilangkan bau tak sedap dari rokok, keringat, dan handuk lembap. Selain itu, kulit dan rambut juga akan selalu lembap dan halus karena terus terhidrasi dengan baik.

Sedangkan produk-produk commercial air conditioner terbaru yang telah menerapkan teknologi nanoeTM X, antara lain 4-way Cassette Non-inverter dan 4-Way Cassette Inverter yang tentunya memiliki berbagai manfaat bagi penggunanya.

Teknologi nanoeTM X yang diterapkan pada produk CAC terbaru mampu menghambat bakteri dan virus yang ditularkan melalui udara, permukaan, dan juga efektif menghilangkan jamur, alergen, serbuk sari, zat berbahaya lainnya, menghilangkan bau tak sedap dan melembapkan kulit serta rambut.


Produk lainnya yang menerapkan teknologi nanoeTM adalah Air Purifier yang sekaligus dilengkapi dengan humidity sensor yang melembabkan ruangan dan juga melembabkan kulit.

Air Purifier juga dilengkapi dengan Econavi untuk mendeteksi energi tak dibutuhkan dan mengurangi konsumsi listrik serta HEPA Composite Filter untuk mempertahankan ruang bersih dengan menghilangkan partikel 0.3 mikron hingga 99.97%.

Terakhir ada Panasonic Multidoor Refrigerator, kulkas yang dilengkapi dengan Prime Fresh, sebuah teknologi Pembekuan lunak -3oC menjaga makanan segar lebih lama dan mempertahankan nilai gizinya, Dan juga, tidak perlu untuk mencairkan, sehingga waktu yang diperlukan untuk menyiapkan makanan menjadi lebih sedikit.

Panasonic Multidoor Refrigerator juga dilengkapi dengan teknologi nanoeTM X yang dapat menghilangkan bau dan menghilangkan bakteri dalam lemari es dan juga mempertahankan kesegaran makanan tetap segar dan bersih.

Perusahaan bisnis seperti restoran, rumah sakit, kantor, gym, sekolah, dan lainnya tentu bisa mendapatkan keuntungan dari Radikal Hidroksil (OH) yang terkandung di dalam air karena kemampuannya untuk menawarkan perlindungan udara 24 jam.

Produk-produk terbaru dari Panasonic bisa menjadi pilihan bagi yang ingin ruangannya dipenuhi dengan udara yang mengandung Radikal Hidroksil (OH). Dengan zat tersebut, udara di dalam ruangan pun akan menjadi semakin sehat dan terbebas dari virus, bakteri, serta kuman berbahaya. (adv/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here