Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti masuk dalam bursa.

TEROPONGKOTA.COM – JAKARTA, Fixpoll Indonesia merilis hasil survei terkait preferensi politik masyarakat terhadap sejumlah tokoh publik untuk menjadi calon presiden. Salah satu yang menarik untuk ditelaah, yakni para ketua lembaga legislatif.

Tiga ketua lembaga legislatif yakni, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti masuk dalam bursa.

“Biasanya bursa capres merujuk pada anggota kabinet pemerintahan, ketua parpol dan kepala daerah, tapi yang menarik kali ini adalah ada ketua 3 lembaga legislatif yang masuk bursa,” kata Direktur Fixpoll Indonesia, Mohammad Anas RA dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/8/2021)
Dalam pertanyaan yang diajukan lembaganya secara tertutup, Anas menjelaskan, Puan Maharani mendapatkan perolehan suara 2,5 persen. Namun yang mengejutkan, yakni AA La Nyalla Mahmud Mattalitti yang memperoleh 0,8 persen suara, lebih tinggi dibandingkan Bambang Soesatyo yang hanya mendapat 0,2 persen.
Secara popularitas, sambung Anas, Puan Maharani dikenal masyarakat yang perolehan 65,8 persen. Sementara, tingkat popularitas Bambang Soesatyo 30,8 persen, sedangkan AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mencapai 29,1 persen.

Meskipun demikian, Anas mengatakan, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih memuncaki perolehan suara denagn 20,7 persen. Kemudian, posisi kedua dihuni Gubernur Jawa Barat, Ganjar Pranowo dengan 15,2 persen. Disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 12,8 suara.

Survei melibatkan 1.240 responden di seluruh Indonesia yang diwawancarai langsung pada 16-27 Juli 2021. Untuk ‘margin of error’ survei sebesar 2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.(Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here